PCNU Temanggung
Terlambat Datang ke Kantor, Bagaimana Hukumnya?

Terlambat Datang ke Kantor, Bagaimana Hukumnya?

Support

Temanggung, pcnutemanggung.or.id – Banyak faktor yang menyebabkan seseorang terlambat datang ke kantor. Lantas bagaimana hukumnya bila terlambat datang ke kantor? Orang terlambat ke kantor bisa karena bangun kesiangan, terjebak macet, dan banyak alasan lainnya. Selain itu ada juga karena merasa jenuh dengan rutinitas kantor dan berkurangnya semangat dalam diri yang membuat sebagian orang jadi menunda keberangkatan.

Dalam literatur kitab-kitab fikih menjelaskan bahwa seorang karyawan harus bisa mengikuti segala peraturan dan kebijakan yang telah disepakati oleh perusahaan selagi tidak melanggar syariat. Termasuk di dalamnya adalah maslah waktu untuk datang tepat waktu dan pulang juga tepat waktu.

Dari Rafi’ ibn Khodij, bahwasanya Nabi Bersabda, “Kaum muslimin wajib mematuhi segala persyaratan mereka dalam hal-hal yang dihalalkan oleh syariat.” (dikutip dari kitab Mu’jam Kabir)

Imam Abdurrouf Al-Munawi menjelaskan bahwa “Kaum Muslimin wajib mematuhi segala persyaratan dalam hal-hal yang dihalalkan oleh syariat. Kecuali perkara yang dilarang, hukumnya tidak wajib mematuhi, bahkan tidak diizinkan untuk mematuhinya.

Jadi kesimpulannya, setiap pekerja atau karyawan wajib masuk kantor sesuai jam kerja yang telah disepakati bersama pihak kantor. Apabila tidak datang tepat waktu, maka hukumnya haram, kecuali ada toleransi (dapat izin) dari pihak yang berwenang. Misalnya saat ini banyak perusahaan yang mengizinkan karyawan untuk datang atau jam kerja fleksible, asalkan pekerjaan beres. Jadi hal ini bisa tergantung terhadap peraturan perusahaan tempat bekerja.

Tags: